Contoh Naskah Pidato Hari Nasional Indonesia Terbaru

Hari nasional merupakan momen penting untuk Negara dan Bangsa Indonesia. Banyak cara untuk memperingatinya, termasuk dengan penyampaian pidato. Menyikapi hal ini, Pidato ID juga akan berbagi contoh naskah pidato hari nasional Indonesia yang terbaru.

Ada 3 tema pidato yang dibagikan dalam artikel ini. Tema-tema tersebut diantaranya:
  1. Tema Pidato tentang Hari Pendidikan Nasional
  2. Tema Pidato tentang Hari Sumpah Pemuda
  3. Tema Pidato tentang Hari Guru Nasional.
Anda dapat membaca naskah pidatonya di bawah ini.

1. Naskah Pidato Hari Pendidikan Nasional;

Salam sejahtera bagi kita semua. Bertepatan dengan tanggal 2 Mei Tahun ini kita dapat memperingati hari pendidikan Nasional yang ke ... dalam kondisi yang baik. Semoga kita semua selalu ada dalam kasih sayang-Nya.

Hadirin yang kami hormati, pendidikan merupakan sebuah karakter bangsa. Dengan pendidikan, kita dapat menjadi orang-orang yang cerdas, berwawasan, serta memiliki budi pekerti yang baik. Tidak bisa kita pungkiri bahwa maju mundurnya suatu negara bergantung pada tingkat pendidikan masyarakat di dalamnya.

Untuk itu, upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia terus digulirkan. Berbagai program telah dilaksanakan demi mencapai standar pendidikan yang lebih baik dari tahun ke tahun. Adanya program wajib belajar 12 tahun, bantuan operasional sekolah, uji kompetensi guru, pendidikan dan pelatihan bagi setiap guru di Indonesia dan lain sebagainya, itu semua semata-mata untuk memajukan pendidikan di Negara kita tercinta ini.

Oleh sebab itu, di hari pendidikan nasional ini, wahai insan pendidikan mari kita kobarkan semangat juang untuk terus mendukung tercapainya Bangsa Indonesia yang cerdas, berkarakter, dan memiliki budi pekerti luhur sehingga para arwah pahlawan dapat tersenyum melihat generasi penerus yang tangguh dan cerdas, serta bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga hari ini menjadi semangat baru untuk kita semua. Selamat memperingati hari pendidikan nasional. Salam pendidikan.


2. Naskah Pidato Hari Sumpah Pemuda;

Hadirin yang berbahagia. Pada tanggal 28 Oktober Tahun ... kita dapat berkumpul dan memperingati hari sumpah pemuda yang ke ... . Di tanggal yang sama pada tahun 1928, para pemuda Indonesia telah berikrar dalam kongres pemuda yang kedua untuk memperjuangkan Negara Indonesia agar dapat berdiri.

Dari semangat itu muncul ikrar pemuda seperti yang kita ketahui sekarang ini yang berbunyi:
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Betapa bersemangatnya pemuda Indonesia pada saat itu. Semangat tersebut patut kita teladani di masa sekarang. Meskipun negara Indonesia kini telah merdeka, akan tetapi semangat untuk membela dan mempertahankan negara ini seharusnya selalu melekat di dalam jiwa kita.

Dengan adanya hari sumpah pemuda ini, kami menyeru: wahai pemuda, bangkitlah, mari kita mengharumkan nama Bangsa, mari bersama kita mengukir prestasi demi memajukan negara Indonesia dengan segenap jiwa dan raga.


3. Naskah Pidato Hari Guru Nasional

Para Tanggal 25 November tahun ini, saya mengucapkan selamat hari guru. Hari ini merupakan momentum bersejarah dan spesial, dimana kita sebagai guru sedang merayakan ulang tahun. Seluruh pendidik di Indonesia, dari sabang sampai merauke berkumpul melaksanakan upacara hari guru nasional.

Di hari PGRI ini semoga kita senantiasa diberikan Rahmat dan Karunia-Nya. Di usia PGRI yang semakin tua, mari kita rayakan ulang tahun yang ke ... dengan hati yang bahagia. Semoga dengan bertambahnya usia organisasi guru Indonesia, dapat menjadikan semangat kita lebih besar sehingga perjuangan di dunia pendidikan selalu berbuah manis.

Guru dan pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak pernah bisa dipisahkan. Maju mundurnya sebuah negara, bergantung pada mutu pendidikan. Sedangkan, tidak ada pendidikan yang bermutu tanpa peran seorang guru. Jelas, ini menggambarkan bahwa peran guru sangat penting dalam mendukung tercapainya pendidikan yang berkualitas.

Sebagai guru, kita sedang menjalankan tugas yang berat. Akan tetapi, perjuangan kita masih belum sebanding dengan perjuangan para pahlawan di masa lalu. Oleh sebab itu, kewajiban kita sebagai guru adalah menjalankan tugas dengan penuh keikhlasan dalam mendidik generasi penerus agar kelak menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara.

Dalam menjalankan tugas mulia, kita selaku guru pasti akan menemukan kendala, baik yang datang dari luar, maupun dari diri kita sendiri. Terlepas dari kendala apapun itu, sebagai insan pendidik kita seharusnya mampu menjalankan tugas dengan profesional. Semua itu, tidak akan terjadi bila tanpa motivasi.

Sebagai motivasi, kini banyak program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Tunjangan profesi, guru daerah terpencil, tunjangan fungsional, semua program tersebut dibuat pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kita. Semua wajib kita syukuri dengan menjalankan tugas secara profesional. Semoga kerja keras kita selama ini bernilai ibadah.

Selain dari itu, bila kita menemukan kendala yang bersifat umum, kita dapat bersatu dalam PGRI. PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia adalah sebuah wadah (organisasi) untuk guru dalam menampung berbagai aspirasi untuk kebaikan kita bersama.

Semoga di hari guru nasional ini kita mendapatkan semangat/energi baru untuk terus berkarya dan mendidik anak-anak kita menuju bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia.

Semoga 3 contoh naskah pidato terbaru tentang hari nasional indonesia yang diberikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sukses selalu untuk Anda...
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Naskah Pidato Hari Nasional Indonesia Terbaru"

Post a Comment