Contoh Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah - Bahasa Indonesia

Dalam perpisahan sekolah/pelepasan siswa, adanya pidato sambutan sudah menjadi tradisi. Berbagai pihak seperti Panitia Perpisahan, Komite dan Kepala Sekolah ikut menyampaikan sambutan tersebut. Berdasarkan itu, dalam artikel ini kami menulis dan membagikan contoh pidato sambutan untuk perpisahan sekolah.

Contoh pidato sambutan meliputi sambutan dari: (1) Ketua Panitia Perpisahan; (2) Komite Sekolah; dan (3) Kepala Sekolah.



Semuanya dapat Anda baca di bawah.

1. Contoh pidato sambutan perpisahan dari kepala sekolah
 
Para Bapak dan Ibu Orang Tua/Wali siswa yang saya hormati, waktu terasa singkat, tahun ajaran baru akan berakhir. Berakhirnya tahun ajaran ini merupakan akhir untuk siswa dan siswi yang duduk di tingkat paling atas. Walaupun demikian, semoga para siswa dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan setelah ini.

Berdasarkan surat kelulusan yang kami berikan kepada semua siswa, alhamdulillah untuk tahun ini semua siswa lulus ujian nasional dan memperoleh nilai yang baik. Keberhasilan itu patut kita syukuri, dan dalam momen perpisahan ini mari kita bersyukur terhadap prestasi yang telah diraih oleh anak-anak kita.

Kami berharap setelah ini, seluruh siswa dapat terus bersekolah sampai jenjang pendidikan yang paling tinggi. Semoga itu dapat terlaksana, agar kelak anak-anak kita dapat mencapai cita-cita yang mereka harapkan.

Saya sebagai kepala sekolah, menghimbau kepada seluruh tamu undangan agar mengikuti kegiatan perpisahan ini dengan tertib. Mari kita ciptakan suasana perpisahan sekolah yang aman, demi kelancaran pelaksanaan.

Dan yang terakhir, saya mengucapkan selamat kepada siswa yang meraih nilai ujian nasional tertinggi. Semoga kamu dapat mempertahankan prestasi tersebut di sekolah baru kamu nanti. Dan semoga menjadi anak yang membanggakan orang tua, bangsa, dan negara.
Sekian, sambutan yang dapat saya sampaikan. Wassalam...


2. Contoh Pidato Sambutan Perpisahan dari Komite Sekolah
 
Terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang sudah mengundang saya (Komite Sekolah) untuk menghadiri acara perpisahan/pelepasan siswa-siswi tahun ajaran ini. Sebagaimana telah disampaikan, kami juga ingin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh siswa, karena semuanya telah dinyatakan lulus dari ujian nasional. Semoga putra-putri kita ini kelak menjadi anak-anak yang soleh/solehah dan berprestasi di bidang akademik.

Berdasarkan laporan dari pihak sekolah, selama beberapa tahun terakhir ini, alhamdulillah jumlah anak yang mendaftar untuk bersekolah mengalami peningkatan. Meningkatnya jumlah siswa ini merupakan ciri dari keberhasilan manajemen sekolah ini.

Kepada seluruh orang tua/wali siswa, perlu Bapak dan Ibu ketahui, bahwa pemerintah kini telah menggulirkan program wajib belajar sampai SMA. Program tersebut didukung dengan adanya bantuan operasional sekolah (BOS). Dengan itu, kini kita dapat menyekolahkan anak-anak kita secara gratis.

Pendidikan itu penting untuk masa depan anak kita. Masa depan anak-anak akan cerah bila mereka mau bersekolah. Hal tersebut dapat kita jelaskan kepada mereka supaya memiliki motivasi untuk terus melanjutkan sekolah. Semoga kita diberi kesehatan dan rezeki agar dapat mendukung pendidikan anak agar lebih baik.

Terakhir saya ucapkan, mari kita sukseskan pendidikan di Indonesia, dan selamat mengikuti kegiatan perpisahan dengan tertib sampai akhir. Sekian sambutan dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan, wassalamu alaikum.


3. Contoh Pidato Sambutan dari Ketua Panitia Perpisahan Sekolah
 
Alhamdulillah wa syukurillah, setelah beberapa hari melaksanakan persiapan, akhirnya kegiatan perpisahan ini dapat terlaksana. Terima kasih kepada seluruh panitia perpisahan yang telah berupaya keras dalam menyukseskan agar acara ini dapat terselenggara.

Bapak kepala sekolah, Bapak komite, dan seluruh orang tua/wali peserta didik yang kami hormati. Waktu terus berlalu tanpa kita sadari, akhirnya kini tiba bagi kita semua dalam acara perpisahan/pelepasan siswa ini.

Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari kegiatan ini, bahwa di balik pertemuan pasti ada perpisahan. Meski pertemuan itu selalu berakhir dengan perpisahan, tapi mudah-mudahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Walaupun setelah acara ini, siswa/siswi yang akan meninggalkan sekolah tidak akan bertemu dengan kami lagi di kelas, tapi semoga apa-apa yang telah kami berikan baik itu pendidikan ataupun pengetahuan yang telah diterima oleh mereka, dapat berguna bagi kehidupannya di masa mendatang.

Semoga anak-anakku sekalian menjadi orang yang berhasil dan dapat meraih apa yang dicita-citakan. Selalu semangat dalam belajar dan berusahalah menjadi yang terbaik. Dengan begitu, kelak prestasi akan kau dapatkan baik di sekolah maupun di masyarakat.

Akhir kata, selamat menikmati sajian yang akan ditampilkan dalam acara pelepasan/perpisahan sekolah ini. Mohon maaf atas segala kekhilafan, aqulu qauli hada, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Itulah contoh pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa membantu Anda yang membutuhkannya. Salam Pidato ID.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato Sambutan Perpisahan Sekolah - Bahasa Indonesia"

Post a Comment