Kumpulan Contoh Pidato Upacara Bendera Hari Senin

Untuk sebagian guru yang akan menjadi pembina upacara di hari senin, terkadang kebingungan memilih topik untuk berpidato. Nah, kali ini Anda tidak perlu bingung, karena saya akan berbagi kumpulan contoh pidato upacara bendera hari senin.

Kumpulan contoh pidato meliputi tentang:
  1. Disiplin
  2. Kejujuran
  3. Percaya diri
  4. Kesabaran
  5. Sopan santun
  6. Motivasi belajar
  7. Menjaga kepercayaan
  8. Kebersihan
  9. Membudayakan baca.


Contoh-contohnya dapat dibaca di bawah.

kumpulan contoh pidato upacara bendera hari senin


1. Pidato tema kedisiplinan - Judul: Disiplin adalah awal kesuksesan
 
Para guru dan staf tata usaha yang saya hormati, serta seluruh siswa yang saya banggakan. Disiplin merupakan sikap yang sebaiknya kita biasakan dari kecil. Kata ini memang mudah diucapkan, tetapi sulit untuk dilakukan. Mungkin akan banyak cobaan yang datang ketika kita berusaha untuk hidup disiplin, terutama untuk orang yang belum terbiasa.

Semua orang pasti ingin hidupnya sukses, termasuk kita (guru dan siswa). Meraih kesuksesan tidaklah mudah, perlu kerja keras dan usaha yang serius untuk mewujudkannya. Saya berpendapat bahwa disiplin adalah pangkal kesuksesan. Mengapa? Karena dengan memiliki sikap disiplin, kita akan hidup konsisten dan penuh tanggung jawab. Oleh sebab itu, mari kita mulai membiasakan untuk hidup disiplin demi masa depan yang lebih baik.

Disiplin dapat tumbuh secara tidak langsung dalam jiwa seseorang ketika berusaha untuk konsisten terhadap semua hal. Contoh: apabila jam pelajaran pertama dimulai pukul 07.00 pagi, maka seluruh siswa dan guru sebaiknya sudah ada di kelas tepat pada waktunya. Dengan melaksanakan hal tersebut kita sudah berusaha untuk disiplin sebagai siswa maupun guru. Itu merupakan salah satu contoh disiplin terhadap waktu. Contoh lain dapat kita renungkan bersama.

Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk kita semua.


2. Pidato tema kebersihan - Judul: Menjaga Kebersihan itu Penting
 
Di pagi hari yang berbahagia ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah amanat. Sebagai pembina upacara, saya berdiri dan berbicara di atas mimbar ini tiada lain untuk saling mengingatkan pada kebaikan. Menjaga kebersihan adalah hal yang penting.

Kebersihan adalah sebagian dari iman, itulah kalimat yang sering kita dengar dalam pembelajaran agama. Mesti kita akui juga bahwa kebersihan itu pangkal kesehatan, itu kalau ditinjau dari segi medis. Selain itu, secara psikologis ternyata kebersihan dapat mencerminkan kepribadian seseorang.

Lingkungan sekolah atau kelas yang bersih dan asri menggambarkan kepribadian masyakarat sekolah yang baik. Lain daripada itu, lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman dan terhindar dari penyakit. Berdasarkan hal tersebut, penting untuk kita menjaga lingkungan agar tetap bersih. Dengan demikian, kita dapat menciptakan suasana sekolah yang nyaman dan sehat.

Marilah kita menjaga kebersihan lingkungan, karena dibalik lingkungan yang bersih terdapat rohani dan jasmani yang sehat.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.


3. Pidato tema Kejujuran - Judul: Jujur itu Modal Keberhasilan
 
Ibu dan bapak guru, staf tata usaha, serta siswa-siswi yang kami hormati. Semua pasti senang kepada orang jujur. Saya pun sebagai guru sangat menghargai siswa yang jujur. Kejujuran adalah modal keberhasilan, itulah tema pidato yang akan saya sampaikan sekarang.

Kejujuran berasal dari kata jujur. Saya memberikan definisi jujur yaitu berkata, bertindak dan berperilaku sesuai dengan kenyataan. Itu berarti bahwa orang yang jujur akan selalu berbicara apa adanya sesuai kebenaran yang dia lakukan dan dia alami. Meski demikian, namun jujur ada batasannya. Berbicaralah jujur selama itu baik dan tetap menjaga perasaan orang lain.

Semua orang yang ingin dirinya berhasil dalam semua hal, penting untuk memiliki sifat jujur. Selain itu, banyak manfaat yang akan kita peroleh dari kejujuran, misalnya mendapatkan kepercayaan orang lain dan akan lebih dihargai. Oleh sebab itu, membiasakan berperilaku jujur sejak masih kecil perlu untuk dilakukan. Bila sudah terbiasa jujur, niscaya masa depan yang cerah akan menanti kita.


4. Pidato tema percaya diri - Judul: Pentingnya Menumbuhkan Sifat Percaya Diri
 
Anak-anakku sekalian... Percaya diri atau dalam bahasa gaulnya PD merupakan keyakinan seseorang terhadap dirinya tanpa mengabaikan keterbatasan yang dimiliki. Sebagai seorang pelajar, memiliki sifat percaya diri itu penting. Dengan sifat tersebut seseorang dapat berpidato di depan umum, aktif bertanya saat kegiatan tanya-jawab di kelas, dan sebagainya.

Memang tidak mudah untuk bisa PD, tapi apabila dibiasakan lambat-laun sifat PD akan tumbuh secara otomatis dalam diri kita. Tidak ada sesuatu yang mustahil bila kita mau berusaha. Hal itu juga berlaku kalau kita ingin punya rasa percaya diri. Dulu saya adalah orang yang tidak PD kalau disuruh oleh guru untuk mengerjakan soal di depan kelas. Setelah saya membuang jauh-jauh rasa malu akhirnya percaya diri mulai tumbuh hingga saat ini.

Jadi, untuk menumbuhkan percaya diri, kita memerlukan keberanian untuk menunjukkan kemampuan yang kita miliki selama itu baik dan bersifat positif.


5. Pidato tema kesabaran - Judul: Pentingnya memiliki sifat sabar
 
Peserta didik yang kami banggakan, ketika Ibu menyampaikan amanat dalam upacara ini, Ibu mohon semuanya memperhatikan. Sekarang Ibu akan menyampaikan pentingnya sifat sabar. Sabar adalah kata yang berasal dari bahasa arab. Ibu memberikan pengertian / definisi untuk sabar adalah sikap menerima keadaan yang menimpa walau sesulit apapun terus berusaha untuk bangkit.

Terkadang hidup ini tidak selalu seperti yang kita harapkan. Berbagai keadaan sulit bisa saja datang menimpa kita tanpa terduga sebelumnya. Keadaan demikian seringkali membuat kita putus asa bahkan melakukan tindakan yang kurang baik. Dalam hal ini kesabaran seseorang sedang diuji.
Untuk sebagian orang mungkin sudah terbiasa dengan kondisi sulit, tapi untuk kita yang tidak terbiasa atau bahkan belum mengalaminya sama sekali, tentu akan menjadi sebuah cobaan atas kesabaran yang kita miliki. Disini pentingnya memiliki sifat sabar.

Sabar bukan berarti kita diam, melainkan mencoba bangkit dari kondisi terpuruk yang menimpa. Membiasakan diri adalah jalan terbaik agar kita bisa memiliki sifat itu. Cara agar siswa mempunyai sifat sabar adalah dengan ikhlas. Misalnya: ketika Orang Tua tidak punya uang untuk memberikanmu jajan, cobalah untuk melihat kondisinya dan berusalah untuk ikhlas karena itu merupakan sifat yang mulia dan bijaksana. Akan lebih baik lagi apabila kita mendoakan Orang Tua agar dimudahkan dalam mencari rezeki yang halal.

Itu merupakan satu kejadian yang layak untuk diteladani oleh seluruh siswa. Maka dari itu, penting bagi kita untuk bersabar menghadapi cobaan yang datang dan menghadapinya dengan ikhlas.


6. Pidato tema sopan santun - Judul: Mari Membudayakan Sopan Santun
 
Seluruh siswa yang hadir dalam upacara dimohon untuk memperhatikan semua yang disampaikan dalam pidato amanat pembina kali ini. Yang akan Ibu bahas yaitu tentang sopan santun. Sopan dan santun adalah dua kata yang berkaitan dengan akhlak atau perilaku seseorang.

Sikap ini perlu dibudayakan karena termasuk akhlak terpuji. Untuk membudayakannya, kita perlu pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Berbicara dengan bahasa yang baik dan bersikap ramah merupakan beberapa cara untuk kita agar terbiasa hidup sopan.

Sebenarnya mudah jika ingin membiasakan perilaku sopan. Sebagai pelajar, kamu dapat memulainya dari lingkungan rumah kemudian di sekolah.  Bila sudah terbiasa, tentu kamu akan lebih menghormati orang tua dan guru. Setelah itu kamu juga akan menghargai teman-teman di sekolah.
Cobalah untuk berbicara dan berperilaku sopan. Semakin kita sopan kepada orang lain, maka orang lain akan lebih sopan kepada kita. Ada satu pepatah bijak dari saya: Hargailah orang lain sebelum kamu ingin dihargai.

Sekian yang bisa Ibu sampaikan dalam upacara senin ini, semoga bermanfaat.


7. Pidato tema motivasi belajar - Judul: Peran dan cara menumbuhkan motivasi dalam belajar
 
Anak-anakku... Memiliki motivasi belajar itu penting untuk setiap peserta didik. Dengan motivasi kita dapat belajar dengan sungguh-sungguh, memperjuangkan cita-cita, dan melakukan aktivitas tanpa merasa terpaksa. Semua kegiatan yang dilakukan dengan dasar motivasi tidak akan terasa berat.

Motivasi merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu yang muncul dari kesadaran. Besar atau kecilnya motivasi tergantung pada minat seseorang terhadap suatu hal. Menjalani sebuah kegiatan yang dibarengi dengan motivasi akan membuat kita menjadi bersemangat. Oleh sebab itu, motivasi sebenarnya dapat kita ciptakan sendiri. Hal ini juga berlaku untuk menciptakan semangat belajar.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa memiliki motivasi dalam belajar? Caranya yaitu dengan berpikir positif dan mencoba menyukai semua mata pelajaran yang kamu pelajari di kelas. Berdasarkan pengalaman, banyak siswa yang motivasi belajarnya menurun dengan alasan pelajaran tertentu dianggap sulit sehingga semangatnya berkurang. Oleh sebab itu, kita perlu menciptakan suasana nyaman dalam belajar, bila memungkinkan. Kita juga perlu menghilangkan pikiran yang dapat mengganggu konsentrasi belajar.

Semoga pidato ini menjadi renungan untuk kita semua.


8. Pidato tema Menjaga kepercayaan - Judul: Pentingnya menjaga kepercayaan dari orang lain

Di antara siswa-siswi yang hadir di sini, siapa yang ingin dipercayai oleh orang lain? Saya berpikir pasti semua orang ingin mendapatkan kepercayaan. Apakah itu dari orang tua, guru, atau bahkan teman.

Menjaga kepercayaan lebih sulit daripada mendapatkannya. Oleh sebab itu, kepercayaan dari orang lain perlu kita jaga. Dengan selalu bersikap jujur, amanah terhadap kepercayaan yang diberikan, selalu menepati janji, niscaya orang-orang di sekitar kita akan selalu memberikan kepercayaan penuh terhadap kita.

Selalu berusaha untuk menjaga kepercayaan orang lain adalah sikap terpuji yang dapat menjadikan kita manusia bertanggung jawab. Dengan demikian, kita sudah berbuat baik dan mendapatkan predikat sebagai orang yang jujur.

9. Pidato tema Membudayakan baca - Judul: Mari budaya-kan membaca (Terbaru)


Bismillahirrahmanirrahiim.
Assalamu alaikum wr. wb.

Bapak kepala sekolah yang saya hormati,
Ibu dan Bapak Guru beserta staf TU yang saya hormati,
dan anak-anakku (siswa dan siswi) ... yang Ibu cintai dan bangga-kan.

Pertama-tama, mari kita mengucap syukur atas nikmat sehat yang telah Allah berikan kepada kita semua, sehingga dengan kesehatan itu kita bisa berkumpul di lapangan upacara ini dalam keadaan yang baik.

Anak-anakku, siswa/siswi ... yang Ibu sayangi.

Pengetahuan adalah hal penting yang harus kita tingkatkan. Pengetahuan itu dapat ditingkatkan dengan membaca buku-buku pelajaran baik sejarah, IPA, dan buku pengetahuan lainnya yang dapat meningkatkan wawasan atau ilmu kita.

Jika Ibu bertanya kepada kamu sekalian: siapa yang mau memiliki pengetahuan yang luas? Mungkin semuanya akan mengangkat tangan, kan?

Lalu apa yang bisa kita lakukan agar dapat meningkatkan pengetahuan?

Ya, benar sekali. Jawabannya adalah dengan membaca.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang mari kita membiasakan diri untuk membaca. Tidak perlu lama, cukup dengan meluangkan waktu 10 sampai 20 menit saja itu sudah bagus.

Jika budaya membaca sudah tertanam dalam diri seseorang, maka seseorang akan merasa "berhutang" ketika ia belum membaca.

Anak-anakku yang Ibu cintai.

Perlu diketahui bahwa dengan membaca kita dapat membuka jendela dunia. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki maka kita akan semakin merasa bahwa diri ini kurang. Sehingga dengan demikian, kita akan "haus" akan ilmu pengetahuan.

Semoga amanat yang Ibu sampaikan dapat meningkatkan motivasi kita dalam membaca.

Mari budayakan membaca!
Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu alaikum wr. wb..


Hanya itu kumpulan contoh pidato yang dapat saya bagikan kepada Anda, semoga ini bermanfaat untuk bahan persiapan Anda berpidato di hari senin.

Apa pendapat Anda tentang pidato-pidato tersebut? Berikan kami komentar dan bantu kami agar dapat meningkatkan kualitas pidato yang dibagikan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Contoh Pidato Upacara Bendera Hari Senin"

Post a Comment