Contoh Ceramah Tentang Maulid Nabi Muhammad Terbaru 2017

Contoh ceramah hari ini membahas tentang Maulid Nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam) yang bisa Anda sampaikan dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad yakni pada tanggal 12 rabiul awal.

Teksnya bisa Anda baca di bawah ini.

Contoh mukadimah (pembukaan):
Asyhadu anlaa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalahu, wa asyhadu annaa muhammadan abduhuu warosuuluhu. Ayyuhannaas ittaqullah, haqqo tuqootihii illa waantum muslimuun.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji serta syukur ke hadirat Allah SWT. Atas Rahmat dan Karunia-Nya kita masih dapat bernapas dan berkumpul di tempat ini. Semoga Allah menjadikan langkah kaki kita sebagai amal saleh ketika kita melangkahkan-nya untuk beribadah dan menimba ilmu.

Sama seperti kita yang telah meluangkan waktu untuk datang dan menghadiri tausiah atau ceramah di hari Maulid Nabi Muhammad yang ke .... ini.

Semoga di hari yang bersejarah ini kita mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Shalawat dan salam, semoga tetap tercurah-limpahkan kepada Nabi kita beserta keluarganya, sahabatnya, dan seluruh umat yang senantiasa taat pada risalah yang diajarkan oleh beliau.

Ceramah tentang Maulid Nabi Muhammad Terbaru 2017


Isi Ceramah:
Di hari yang bersejarah bagi umat muslim ini, mari kita mengkaji sejarah maulid Nabi Muhammad yang penuh dengan perjuangan. Kita sudah mengetahui bahwa beliau lahir pada tanggal 12 rabiul awal tahun gajah. Yang mana pada hari di mana beliau lahir ada peristiwa besar yang terjadi di kota mekah yakni terjadinya serangan dari raja Abrahah pada ka'bah.

Pada saat itu, Nabi Muhammad lahir sebagai anak yatim karena ayahnya sayyidina Abdullah telah wafat sejak beliau masih ada dalam perut Ibunya Siti Aminah.

Menginjak usia beliau yang terus bertambah, beliau dibesarkan oleh pamannya. Dari sana muncul berbagai kejadian-kejadian yang menunjukkan ciri-ciri kenabiannya.

Semasa hidupnya, Nabi Muhammad dikenal sebagai anak yang jujur. Pekerjaannya sehari-hari adalah sebagai penggembala. Karena kejujurannya itu, banyak orang-orang di sekelilingnya yang mencintai beliau dan percaya kepadanya, sehingga beliau pun mendapatkan gelar amanah yakni orang yang terpercaya.

Banyak hal baik dari sikap beliau yang perlu kita ikuti. Sikapnya yang amanah, fathonah, tabligh, adalah sikap-sikap terpuji.

Sebagaimana telah diterangkan dalam sebuah keterangan yang bunyinya: "Innamaa buistu liutamimma makarimal akhlaq". Artinya: "sesungguhnya aku (Nabi Muhammad) di utus untuk menyempurnakan akhlak".

Dalam sejarah hidupnya kita tahu dan semua orang pun mengetahui bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang penyayang dan pemberi maaf.

Masih ingatkah hadirin? Apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad kepada orang-orang yang memperlakukannya dengan cara tidak baik? Ya, beliau membalasnya dengan kebaikan. Sehingga tidak sedikit di antara mereka yang iman kepada Nabi Muhammad karena akhlakul karimah yang diperbuatnya.

Semoga di hari yang berbahagia dan penuh sejarah ini, kita dapat memaknai Maulid Nabi Muhammad, dan semoga kita selaku muslim dapat mencontoh perilaku baik yang dimiliki oleh beliau. Amin.

Penutup ceramah:

Semoga ceramah yang singkat dan sederhana ini dapat memberikan pelajaran berharga dan memberikan inspirasi bagi hadirin yang telah mendengarkan.

Mari kita tutup pertemuan ini dengan berdoa: "Robbanaa atinaa fiddunya hasanah wafil akhiroti khasanah waqinaa 'adzaabannaar". Aquulu qouli haadza, wassalamu alaikum wr., wb..


Itulah contoh ceramah tentang maulid Nabi Muhammad terbaru 2017 yang dapat saya sampaikan. Semoga contoh ceramahnya bermanfaat bagi Anda semua yang telah membacanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Ceramah Tentang Maulid Nabi Muhammad Terbaru 2017"

Post a Comment