Kumpulan Contoh Pidato untuk Kepala Sekolah

Selamat datang saya ucapkan kepada seluruh Kepala Sekolah di Indonesia di mana pun Bapak berada yang sedang online di Pidato ID. Alhamdulillah, pada kesempatan yang bagus ini, saya akan berbagi kumpulan contoh pidato untuk kepala sekolah, baik kepala SD, SMP atau pun SMA.

Contoh pidato yang akan di sampaikan meliputi pidato untuk:
  • Acara 'SERTIJAB' (Serah Terima Jabatan)
  • Acara Rapat
  • Kegiatan Akreditasi Sekolah
  • Motivasi.
Bapak dapat membacanya di bawah ini.

kumpulan contoh pidato kepala sekolah


Pidato dalam Acara SERTIJAB

1. Pidato Kepala Sekolah Lama (Demisioner)

Pada kesempatan ini, Alhamdulillah kita sebagai warga sekolah bisa menghadiri acara ini dalam keadaan sehat. Tidak banyak yang akan saya sampaikan, saya hanya ingin mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh Bapak dan Ibu dari staf tata usaha dan guru, karena selama saya menjabat menjadi kepala di sekolah ini mungkin pernah berperilaku kurang berkenan di hati para Bapak maupun Ibu sekalian.

Selain itu, saya juga berterima kasih kepada Ibu dan Bapak semuanya atas kinerja yang baik yang telah Bapak/Ibu sekalian tunjukkan selama saya menjadi pimpinan. Terima kasih banyak atas dedikasi dan loyalitas-nya terhadap sekolah kita ini.

Juga tidak lupa, saya ucapkan selamat kepada Kepala Sekolah yang baru dilantik untuk menggantikan saya sebagai kepala demisioner. Semoga dengan kehadiran kepala sekolah yang baru bisa membawa dampak yang baik untuk kemajuan sekolah tercinta kita ini. Amin.

Akhir kata, selamat bertugas mengemban amanah negara.

2. Pidato Kepala Sekolah yang Baru Dilantik

Segala puji hanya bagi Tuhan semesta alam. Segala bentuk syukur marilah kita panjatkan atas karunia yang telah diberikan-Nya kepada kita.
Saya berdiri di sini tiada lain hanya karena kehendak-Nya. Tanpa kehendak dari-Nya niscaya saya bisa berbicara di hadapan Bapak dan Ibu sekalian yang hadir dalam acara serah terima jabatan ini.

Saya sebagai orang baru yang telah ditetapkan dan ditugaskan oleh Pemerintah untuk menjadi kepala atau pimpinan di sekolah ini bukan karena saya hebat melainkan hanya sebagai amanah seperti yang telah Bapak kepala sekolah lama tadi bilang. Saya hanyalah orang biasa yang membutuhkan banyak belajar.

Kepala sekolah tidak bisa berhasil dalam mengelola sekolahnya tanpa bantuan dan kerja sama dari Bapak dan Ibu guru mau pun tata usaha. Oleh sebab itu, saya berbicara di sini sebagai rekan kerja, menyeru kepada rekan-rekan sekalian, marilah kita bekerja sama saling melengkapi demi kemajuan sekolah ini.

Akhir kata, semoga sekolah ini menjadi lebih baik dan maju dari hari-hari sebelumnya. Amin


Pidato Sambutan Kepala Sekolah dalam Acara Rapat

1. Rapat Kenaikan Kelas

Terima kasih saya ucapkan untuk moderator atau pembawa acara yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan sambutan dalam rapat ini. Tidak lupa juga, terima kasih kepada Ibu dan Bapak guru, serta wali kelas yang sudah menyempatkan diri untuk hadir pada rapat kenaikan kelas ini. Juga kepada panitia pelaksana ujian kenaikan kelas yang sudah membantu menyukseskan program sekolah yang sudah menjadi rutinitas kita setiap tahun.

Di sini saya hanya akan menyampaikan beberapa hal menyangkut pelaksanaan rapat ini.

Pertama, saya serahkan prosesnya kepada Ibu dan Bapak guru yang lebih mengetahui keseharian siswa seperti apa.

Kedua, saya berpesan jadikanlah ini sebagai forum diskusi yang baik untuk menemukan solusi bijaksana untuk siswa.

Ketiga, segala keputusan disahkan dalam forum rapat ini dan keputusan yang diambil adalah tanggung jawab kita bersama.

Oleh sebab itu, kita laksanakan rapat ini dengan sikap bijaksana dan adil demi terwujudnya sekolah yang lebih baik dari berbagai sudut pandang.

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Dengan hati yang tulus untuk mendidik siswa dan siswi di sekolah ini, marilah kita bersikap bijaksana dengan mempertimbangkan berbagai hal dalam menentukan siswa yang naik kelas mau pun yang tidak.

Sekian sambutan dari saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalam..


2. Rapat Orangtua Siswa

Kepada orangtua atau wali siswa yang hadir pada rapat yang kami selenggarakan ini, kami ucapkan terima kasih. Juga tidak lupa kepada ketua komite sekolah yang sudah hadir di sini untuk mengikuti jalannya rapat ini.

Menindaklanjuti surat undangan yang telah diberikan kepada orangtua siswa perihal permohonan sumbangan pembangunan toilet siswa. Di sini saya atas nama sekolah mengundang Bapak dan Ibu sekalian datang ke sekolah ini untuk memusyawarahkan terlebih dahulu hal tersebut.

Bapak dan Ibu perlu mengetahui bahwa dana BOS atau Bantuan Operasional Sekolah hanya boleh dipergunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan operasional saja. Mengingat hal tersebut, maka penggunaan dana BOS tidak boleh digunakan untuk membangun sarana sekolah seperti toilet yang kami maksud.

Oleh sebab itu, sekolah mempunyai inisiatif untuk memohon bantuan se-ikhlas-nya kepada Bapak dan Ibu selaku orangtua siswa dalam menutupi kekurangan biaya untuk pembangunan toilet tersebut.

Kami mengharap keikhlasan Bapak maupun Ibu demi terbangunnya toilet siswa yang akan digunakan oleh putra dan putri Bapak dan Ibu sendiri.

Atas bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Pidato Sambutan Kepala Sekolah dalam Kegiatan Akreditasi Sekolah

1. Sambutan untuk Pembukaan Akreditasi

Alhamdulillah wa syukurillah,
Setelah beberapa minggu kami mempersiapkan diri dan menunggu momen akreditasi, kini sampailah kami dalam kegiatan tersebut.

Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak/ Ibu Asesor tingkat Provinsi yang telah tiba di sekolah kami ini untuk melaksanakan kewajiban dalam "merekam" situasi sekolah yang riil, dan segala bukti fisik administrasi sekolah menyangkut 8 (delapan) standar pendidikan, mulai dari standar proses hingga standar penilaian.

Kami memohon bimbingan dari Bapak/ Ibu Asesor bila bukti fisik terkait 8 standar pendidikan yang kami tunjukkan terdapat kekurangan, mohon dikoreksi agar kami dapat lebih meningkatkan mutu sekolah ini berdasarkan 8 standar tersebut.

Sekian yang dapat saya sampaikan.
Billahi taofiq walhidayah, wassalamu alaikum wr., wb..


2. Sambutan untuk Penutupan Akreditasi

Setelah 2 hari pelaksanaan akreditasi di sekolah kami ini, banyak pelajaran berharga yang dapat kami ambil dari Bapak/ Ibu Asesor, untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih.

Mohon maaf apabila penyambutan yang kami berikan ini sederhana. Meski demikian, semoga tidak mengurangi makna di balik kegiatan akreditasi yang telah kita laksanakan.

Inilah kami, inilah sekolah kami dengan segala kesederhanaannya. Kami atas nama keluarga besar dari sekolah ini meminta doa dari Bapak Ibu Asesor semoga ke depannya sekolah kami bisa lebih maju lagi dalam mutu maupun pembangunannya. Amin.

Sekian sambutan penutup yang dapat kami sampaikan.
Semoga pertemuan antara kami dengan Ibu dan Bapak Asesor dapat menumbuhkan silaturahmi yang baik.


Pidato Kepala Sekolah untuk memberikan Motivasi


1. Pidato Motivasi untuk Guru Peserta UKG (Uji Kompetensi Guru)

Assalamu alaikum..

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, besok kita akan melaksanakan UKG, yang mana hasil dari kegiatan UKG tersebut akan menentukan nilai kompetensi kita baik dalam aspek paedagogik sebagai pendidik, maupun kompetensi profesional kita sebagai guru mata pelajaran berdasarkan basic kita.

Untuk itu marilah kita persiapkan diri untuk menghadapi UKG. Saya percaya, Ibu dan Bapak adalah guru yang kompeten dan profesional. Kita hadapi UKG dengan persiapan yang mantap dan penuh percaya diri untuk menunjukkan bahwa kita merupakan guru yang memiliki kompetensi yang baik dan layak mendidik serta mengajar.

Sukses selalu untuk kita semua.

Wassalamu alaikum..


2. Pidato Motivasi untuk Siswa Peserta OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Para siswa yang hadir di sini, mohon maaf telah mengganggu waktu belajarnya. Kamu sekalian dikumpulkan di aula ini oleh saya maksudnya ingin memberikan semangat kepada kamu semua yang beberapa hari lagi akan mengikuti kegiatan olimpiade sains nasional di tingkat kabupaten.

Sudah sejauh mana persiapannya?

Ya, saya yakin kamu sudah mempersiapkan banyak hal terutama latihan mengerjakan soal OSN tahun lalu bersama Bapak dan Ibu guru pembimbingnya masing-masing, kan?

Saya percayakan semuanya kepada Ibu dan Bapak guru yang membimbing kamu sekalian dalam persiapan OSN nanti.

Saya ucapkan terima kasih pula kepada Ibu dan Bapak yang sudah berusaha membimbing siswa-siswa ini yang nanti akan ikut OSN.

Siswa dan siswi sekalian, saya ucapkan selamat berjuang menghadapi pelaksanaan olimpiade yang tinggal beberapa hari lagi dari sekarang. Semoga berhasil.


Sekian kumpulan contoh pidato yang dapat saya tulis di kesempatan kali ini. Semoga Bapak Kepala Sekolah di Indonesia yang membaca ini menyukainya. Amin.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Contoh Pidato untuk Kepala Sekolah"

Post a Comment