Ceramah Pendek tentang Kebersihan

Selamat datang pengunjung baru dan pengunjung setia Pidato ID. Dalam artikel ini kami menulis contoh ceramah pendek atau singkat bertema tentang kebersihan. Ceramah ini dapat kita gunakan sebagai upaya saling mengingatkan pada kebenaran akan pentingnya kebersihan dipandang dari segi medis dan segi Islam.

Untuk mengefektifkan waktu, Anda bisa membaca teks nya di bawah ini.

Contoh ceramah:

Assalamu alaikum wr wb... Innalhamdalillah nahmaduhu wa nasta'inuhu wa nastagfiruhu, wa na'udzubillahi min syururi anfusinaa wa min sayyi'ati 'amaalinaa mayyahdillahu falaa mudillalah wa man yudlilhu falaahaadiyalah. 'Amma ba'du. (Mukadimah bahasa arab-latin)

Hadirin yang berbahagia.
Pada hari ini, Alhamdulillah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan yang sehat wal afiat. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita bermacam-macam kenikmatan yang apabila kita hitung, niscaya tidak akan terhitung jumlahnya.

Hadirin yang mengharapkan ridho Allah.

Berdasarkan informasi yang saya baca dari salah satu artikel di situs CNN Indonesia yang dipos pada tanggal 23 Februari 2016. Di sana disebutkan bahwa: Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia yang menempati urutan kedua.

Berdasarkan informasi tersebut, mesti kita akui bahwa Indonesia memang termasuk negara yang banyak memproduksi benda-benda dari bahan plastik. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan apabila negara kita kaya dengan sampah plastik.

Hadirin..
Secara bahasa, sampah dapat diartikan sebagai benda yang sudah tidak digunakan lagi dan merupakan bahan sisa.
Sampah plastik di Indonesia mungkin akan semakin banyak, seiring dengan meningkatnya angka kelahiran penduduk.

Apabila jumlahnya terus meningkat, ini tentunya akan menyebabkan permasalahan yang cukup serius. Mulai dari pencemaran lingkungan, banyaknya penyakit, hingga lebih jauhnya dapat menyebabkan penurunan populasi makhluk hidup akibat pencemaran lingkungan oleh sampah plastik tersebut.

Saat kita masih sekolah, dahulu. Kita belajar tentang PLH atau pendidikan lingkungan hidup, bukan?
Dalam pelajaran PLH tersebut kita mempelajari banyak hal mengenai pencemaran lingkungan baik di darat atau pun di air.

Apa yang terjadi ketika daratan dan perairan tercemar oleh sampah plastik?

Ya, kelangsungan hidup makhluk hidup yang menempati tanah dan air bisa terganggu.

Tidak hanya itu. Ketika hujan tiba, sampah plastik dapat menampung air, dan itu bisa menjadi media berkembangnya nyamuk penyebab DBD, Malaria, dan sebagainya.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan, Hadirin?

Dalam sebuah keterangan disebutkan bahwa "kebersihan adalah sebagian dari iman". Walaupun keterangan tersebut masih jadi perbincangan di kalangan Muslim, namun jika kita mengambil sisi baik keterangan tersebut, maka hal itu memang ada benarnya. Hal ini juga sejalan dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi "At-thohuru satrul imaan...".

Jadi, kita memang telah diwajibkan untuk menjaga kebersihan karena Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan.

Selain itu, dunia kesehatan atau medis pun menganjurkan kita agar menjaga atau memelihara kebersihan diri dan lingkungan kita dari sampah (termasuk sampah plastik). Dengan menjaga lingkungan dan diri kita agar tetap bersih, maka ini dapat menciptakan kondisi jasmani yang sehat.

Itu lah pentingnya kebersihan, khususnya baik bagi diri kita sendiri dan umumnya bagi makhluk hidup atau organisme lainnya.

Manusia adalah khalifah (pemimpin). Dan pemimpin yang baik adalah ia yang menyayangi dan mengasihi sesama dan makhluk lainnya di muka bumi ini. Jadi, ketika kita berusaha untuk menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, maka secara tidak langsung kita pun sudah menjaga makhluk hidup lain (hewan, tumbuhan dan mikro-organisme) agar tetap ada.

Semoga dengan ceramah yang pendek ini kita dapat mengambil hikmah di balik peristiwa tadi. Sehingga kita pun dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, sehingga terwujudlah lingkungan yang bersih.

Kita tidak perlu mengambil sampah jauh-jauh dari wilayah lain, cukup dengan mempedulikan lingkungan di sekitar tempat tinggal kita sendiri, maka itu sudah menjadi bentuk tanggung jawab terhadap kebersihan.

Perlu diingat. Bahwa kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama. Meski demikian, namun pada praktiknya dapat kita lakukan masing-masing. Dengan begitu, kita sudah berpartisipasi menjaga lingkungan tetap bersih.

Karena bersih itu sehat, dan sehat itu mahal...

Sekian.. Billahi taufik walhidayah. Waasalamu alaikum wr wb..
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ceramah Pendek tentang Kebersihan"

Post a Comment