Ceramah Islami Singkat tentang Manfaat Jujur (dilengkapi dengan kisah Nabi Muhammad)

Contoh ceramah Islami singkat yang dibahas dalam pos ini bertema tentang kejujuran. Adapun judul-nya yaitu faedah atau manfaat memiliki sifat jujur. Anda dapat menggunakan contoh ceramah tersebut pada acara kultum di kampus atau di sekolah.

Untuk mempersingkat waktu, mari kita simak bersama-sama contoh ceramahnya melalui teks berikut.

Pembukaan atau Mukadimah:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Puji serta syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT.

Atas rahmat dan karunia-Nya, kita dapat berjumpa kembali pada acara kuliah tujuh menit atau kultum di kampus/sekolah tercinta ini.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah-limpahkan kepada Rasulullah S.A.W (Shallallahu 'Alaihi Wasallam), kepada keluarga dan sahabatnya, serta mudah-mudahan kita pun mendapatkan safa'at nya kelak di hari akhir.


Isi atau Pembahasan:

Hadirin yang saya hormati.

Jujur merupakan sifat terpuji yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Dengan bersikap jujur, banyak manfaat yang dapat kita peroleh, diantaranya yaitu: mendapatkan kepercayaan dari orang lain, dan hidup kita secara psikologis akan lebih tenang.

Dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 119, Allah SWT berfirman.

Audzubillahi minassyaithoonirrajiim bismillaahirrahmaanirrohiim.

"Yaa ayyuhalladziina aamanuttaqullooha wakuunuu ma'asshoodiqiin". Artinya: "Hai orang-orang beriman, bertakwa-lah kalian kepada Allah SWT, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar".

Maksud dari ayat tersebut yaitu Allah menyeru kepada orang yang beriman kepada-Nya agar bertakwa (melaksanakan perintah-Nya). Setelah itu, Allah memerintahkan untuk selalu bersama dengan orang yang benar.

Dalam bahasa arab, "benar" itu disebut As-Shidiq.
Selain sifat Amanah, Fathonah dan Tabligh, satu sifat yang lain dari Rasulullah S.A.W yaitu "As-Shidiq" yang artinya benar atau jujur.

Jika kita mengenang perjalanan hidup Rasulullah S.A.W.. Dia pernah menjalani hidup sebagai penggembala dan pedagang.

Ketika menjalani profesi sebagai pedagang, Ia tidak menentukan laba atau keuntungan oleh dirinya sendiri. Keuntungan yang didapat dari hasil ia berdagang adalah murni dari pemberian pembeli. Saat berdagang ia selalu menyebutkan harga asli suatu barang yang dijualnya (harga barang ketika ia membeli dari orang lain sebelum dijual lagi).

Kejujurannya itu membawa berkah bagi dirinya. Karena kejujuran tersebut banyak orang yang berlangganan (menjadi pembeli tetap) kepada nya.

Sifat jujur-nya dalam berniaga terdengar oleh siti Khadijah R.A. (Radiallohu Anha) seorang saudagar kaya. Karena rasa penasarannya, Khadijah ingin membuktikan sendiri kejujuran Nabi Muhammad, dan ternyata yang ia dengar selama itu tentang Muhammad adalah sebuah kebenaran.

Hingga pada akhirnya siti Khadijah terkesan dan melamar Nabi Muhammad S.A.W untuk menjadi suami-nya.

Subhanallah...

Dari kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad yang jujur itu, kita dapat mengambil Ibrah (pelajaran yang berharga) bahwa jujur itu membawa berkah dan manfaat bagi orang itu sendiri dan bagi orang lain.

Manfaat jujur untuk diri kita sendiri yaitu:
  1. Akan merasakan ketenangan psikologi atau batin. Secara medis juga membuktikan bahwa detak jantung seseorang dapat meningkat saat berkata bohong. Itu membuktikan bahwa jujur dapat menenangkan hati
  2. Akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain.
Selain itu, orang lain yang diperlakukan jujur akan merasa dirinya dihormati (meski pada beberapa kondisi tidak selamanya demikian).

Oleh sebab itu, mari kita berusaha untuk menjadi orang yang jujur agar kita mendapatkan ketenangan batin, mendapatkan kepercayaan dari orang lain, dan tentunya jujur adalah sifat yang dianjurkan dalam Islam.

Semoga ceramah yang singkat ini bermanfaat, khususnya bagi saya sendiri dan umumnya bagi kita semua.

Kita akhiri kultum ini dengan doa.
Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil-aakhiroti hasanah, wa qinaa adzaabannaar.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.


Sahabat Pidato ID...

Demikian Ceramah Islami Singkat tentang Manfaat Jujur yang dapat kami sampaikan.
Semoga ceramah yang dilengkapi dengan keterangan berupa ayat Quran sebagaimana telah Anda baca di atas dapat bermanfaat.

Jika terdapat hal yang keliru, mohon berikan koreksi dengan menulis komentar pada pos ini di bagian bawah.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ceramah Islami Singkat tentang Manfaat Jujur (dilengkapi dengan kisah Nabi Muhammad)"

Post a Comment